Banner Homepage
Lazada Indonesia

Cara Memberi Nama Range Di Microsoft Office Excel

Bagi Anda yang sering bekerja dengan Excel mungkin sudah terbiasa menggunakan acuan sel (cell reference) untuk mengelola data. Excel menggunakan alamat sel untuk mengacu ke data yang tersimpan di dalamnya. Alamat sel Excel mengacu pada perpotongan antara kolom dan baris. Kolom di Excel diacu menggunakan huruf kapital, sedangkan baris di Excel menggunakan nilai angka. Sebagai contoh, untuk mengacu ke nilai-nilai angka yang tersimpan di kolom C dan dari baris 2 s/d 10, Anda dapat menggunakan notasi range yaitu C2:C10. Apabila Anda ingin menjumlahkan nilai-nilai tersebut, dapat digunakan formula =SUM(C2:C10).

Sebuah range (kumpulan beberapa sel Excel) juga dapat diberi nama. Range Excel yang diberi nama (named range) lebih memberikan fleksibilitas saat diacu karena kemudahannya untuk diingat. Hal ini sangat berguna apabila Anda mempunyai data spesifik seperti nilai penjualan bulan tertentu, nama karyawan di bagian tertentu, dan lain sebagainya. Range C1:C10 dapat diberi nama yang lebih deskriptif, misalnya JumlahNilaiC1C10. Anda tidak perlu lagi mengacu ke range dengan notasi C1:C10, tetapi cukup menggunakan nama range. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk memberi nama range dan contoh penerapannya dalam kalkulasi Excel.

Buat atau buka file Microsoft Office Excel yang telah berisi data.

Sorot (block) kelompok sel (range) yang akan diberi nama.

Pastikan Anda berada di tab Formulas, klik tombol Define Name, dan kemudian pilih Define Name...

Dari jendela New Name yang muncul, isi kotak teks berlabel Name: dengan nama range yang Anda inginkan dan kemudian klik tombol OK.

Range yang Anda tentukan telah diberi nama. Anda dapat mengacu range tersebut menggunakan nama tersebut. Apabila Anda ingin menjumlahkan nilai di kolam D, Anda biasanya menggunakan formula =SUM(D3:D12). Sekarang Anda dapat menggunakan nama range yang tentunya lebih deskriptif. Posisikan kursor di sel D13.

Ketikkan =sum(NilaiPenjualanFebruari) di area penulisan formula dan kemudian tekan tombol keyboard Enter.

Anda akan mendapatkan hasil yang sama apabila menggunakan formula =sum(D3:D12).

Lazada Indonesia Lazada Indonesia