Banner Homepage
Lazada Indonesia

Membuat Menu Drop Down Di Joomla 2.5

Menu dalam sebuah website digunakan sebagai alat navigasi untuk mengarahkan pengungjung ke berbagai macam konten website. Untuk Anda yang sedang belajar website menggunakan CMS Joomla dan menginginkan tampilan website yang lebih menarik dengan adanya menu drop down, Anda dapat memilih salah satu cara berikut ini:

  1. Membuat menu drop down sendiri dengan menggunakan scipt HTML dan CSS.
  2. Menggunakan template yang telah memiliki menu drop down build-in.
  3. Menggunakan modul menu drop down untuk template yang tidak mendukung menu drop down.

Kali ini akan dijelaskan cara membuat menu drop down di website CMS Joomla 2.5 menggunakan modul menu drop down. Untuk Anda yang masih menggunakan template default Beez_20, perlu mengetahui bahwa template Beez_20 tidak mendukung menu drop down. Menu drop down di template tersebut dapat dihasilkan salah satunya dengan memasang modul menu drop down, misalnya modul Maximenu CK yang dapat diunduh gratis. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat menu drop down di template Beez_20 menggunakan modul Maximenu CK.

Buat terlebih dahulu menu dan submenu yang akan direncanakan. Sebagai contoh, Berikut ini adalah hirarki sebuah parent menu Aplikasi dengan tiga submenu yaitu Microsoft Office, Adobe Photoshop, dan Joomla 2.5 yang terletak di modul Main Menu.

 

Selanjutnya unduh (download) modul Maximenu CK versi 6.

 

Upload dan instal modul tersebut melalui menu Extensions > Extension Manager.

Klik menu Extensions > Module Manager, cari modul bernama Main Menu dan kemudian nonaktifkan (unpublish) dengan mengklik lingkaran biru berisi tanda centang di kolom Status. Hal ini dimaksudkan agar menu dari modul Main Menu tidak muncul dan akan ditampilkan secara drop-down melalui modul Maximenu CK. Setelah modul Main Menu dinonaktifkan, cari modul Maximenu CK yang telah dipasang (instal) sebelumnya dan kemudian klik.

Di bagian tab Details, pilih tombol radio Hide untuk label Show Title dan position-0 untuk label Position.

Di bagian tab Basic Options, pastikan bahwa pengaturannya sama dengan gambar di bawah ini. Untuk modul Maximenu CK, nilai Main Menu yang ada di kotak pull-down dari label Menu to render biasanya akan otomatis ada (terpilih). Apabila Anda sudah yakin dengan semua langkah-langkah, tekan tombol Save & Close yang terletak di sudut kanan atas untuk mengakhiri pengaturan modul Maximenu CK.

Buka kembali website Anda  atau segarkan lagi (refresh) apabila masih terbuka. Di bagian atas website, Anda akan menemukan menu Aplikasi dan apabila diklik, submenu dari menu Aplikasi tersebut akan ditampilkan dalam style drop-down.

Lazada Indonesia Lazada Indonesia