Membuat teks tulisan melengkung curve text Microsoft Word
Membuat Tulisan Atau Teks Melengkung (Curve Text) Di Microsoft Word

Microsoft Word adalah aplikasi populer pengolah kata (word processor) yang paling banyak digunakan saat ini. Umumnya, Microsoft digunakan untuk membuat dokumen surat atau naskah sebuah buku. Namun, tidak terbatas pada dua dokumen tersebut saja, Anda dapat menggunakan Microsoft Word untuk membuat jenis dokumen lain seperti undangan pesta, pamflet dan poster. Beberapa dokumen terakhir terkadang memerlukan sentuhan seni lebih dibanding hanya teks biasa.

Sampul buku, undangan pesta, pamflet dan poster membutuhkan sentuhan seni agar semakin menarik. Sentuhan ekstra akan meningkatkan dampak visual dan mampu menarik perhatian lebih bagi siapapun yang melihatnya. Anda dapat menambahkan sentuhan seni pada apa yang Anda ingin sampaikan dan ingin mendapatkan fokus lebih. Salah satu caranya di Microsoft Word adalah dengan membuat teks melengkung (curve text).

Teks melengkung dapat digunakan sebagai header atau untuk membungkus teks di sekitar shape atau gambar. Teks melengkung hanya bisa diterapkan pada WordArt atau teks di dalam kotak teks (text box), tidak bisa pada teks biasa (regular text). Jadi, bila Anda ingin membuat teks melengkung, Anda perlu menggunakan WordArt atau teks di dalam kotak teks karena dapat diberlakukan format shape, salah satunya membuat teks melengkung (curve text).

Di artikel kali ini, Anda ditunjukkan cara untuk membuat teks atau tulisan melengkung (curve text) di Microsoft Word 2019 di Windows 10. Langkah yang sama juga dapat Anda terapkan pada Microsoft Word 2013 atau versi di atasnya. Jenis teks yang dibuat melengkung menyerupai bentuk kurva adalah WordArt. Berikut ini adalah langkahnya:

Buka aplikasi Microsoft Word, klik tab Insert, di kelompok Text, klik tombol Insert WordArt (1) dan kemudian klik salah satu opsi yang disediakan (2).

Membuat text tulisan melengkung curve text Microsoft Word

Teks WordArt yang muncul di area kerja Microsoft Word akan dikelilingi titik-titik dengan handle di setiap sisi yang menandakan aktif untuk dimodifikasi. Drawing Tools dengan tab Shape Format juga ditambahkan otomatis. Anda dapat mengubah atau mengganti teks atau tulisan dari WordArt ini.

Membuat text tulisan melengkung curve text Microsoft Word

Dengan teks atau tulisan WordArt masih dalam keadaan aktif, pastikan tab Shape Format (1) dari Drawing Tools aktif, klik tombol Text Effects (2) di kelompok WordArt Styles, pilih Transform (3) dan kemudian pilih atau klik Arch (4) di kelompok Warp.

Membuat text tulisan melengkung curve text Microsoft Word

Teks atau tulisan WordArt Anda lansung dibuat melengkung seperti gambar di bawah ini.

Membuat text tulisan melengkung curve text Microsoft Word

Untuk mendapat teks atau tulisan yang lebih melengkung, Anda dapat mengatur lebar atau tinggi border dari teks atau tulisan WordArt melalui handle yang ada di setiap sisinya. Di contoh ini, handle bawah (1) ditarik ke bawah agar semakin tinggi dan handle kanan (2) ditarik ke kiri agar lebarnya berkurang. Hasilnya adalah teks atau tulisan WordArt semakin melengkung.

Membuat text tulisan melengkung curve text Microsoft Word
SILAHKAN BAGIKAN ARTIKEL INI!
Pin It