Menjalankan kode program Python di Microsoft Windows
3 Cara Menjalankan Kode Program Python Di Microsoft Windows

Python adalah bahasa pemrograman level tinggi yang sangat populer saat ini. Banyak perusahaan IT besar di dunia menggunakan Python seperti Google, Facebook, Spotify, Intel, NASA, layanan cloud storage DropBox, dan Neflix. Permintaan untuk developer Python sangat tinggi di industri seperti perbankan, asuransi, keuangan, kesehatan, dan juga teknologi.

Bila Anda ingin sukses terjun dan meniti karir di bidang IT, Anda bisa menjadi developer Python. Ada banyak alasan memilih dan mempelajari Python sebagai salah satu bahasa pemrograman yang perlu dikuasai. Python adalah bahasa pemrograman yang sederhana, ringkas, lugas, intuitif, dan mudah dipahami. Python memiliki library dan framework yang besar, serta dukungan dari banyak komunitas.

Ketika Anda mulai belajar bahasa pemrograman Python, salah satu hal mendasar yang perlu dibangun adalah cara berinteraksi dengan Python, seperti menjalankan kode program Python. Menjalankan kode program Python adalah satu-satunya cara untuk mengetahui apakah kode program bekerja dan sesuai dengan yang harapkan.

Tentu saja, sebelum Anda belajar cara menjalankan kode program Python, Anda terlebih dahulu mengunduh (download) dan menginstal (install) Python di komputer sebagai sarana belajar. Ketika instalasi Python di komputer sudah selesai, Anda siap untuk mempelajari cara menjalankan kode program Python.

Menjalankan Kode Program.

Diasumsikan, Anda sudah berhasil menginstal Python di komputer Windows 10. Ada tiga cara menjalankan kode program Python di Microsoft Windows 10 yaitu melalui Command-line Python Interpreter, Windows Command Prompt, dan IDLE yaitu IDE (Integrated Development Environment) bawaan Python.

Untuk contoh di artikel kali ini, kita akan menjalankan kode program Python yang cukup sederhana yaitu mencetak teks atau string berupa ajakan Ayo belajar Python! dengan cara menulis pernyataan (statement) seperti di bawah ini.

print("Ayo belajar Python!")

Kode program Python di atas hanya terdiri dari satu pernyataan (statement) saja. Pernyataan print adalah salah satu fungsi (function) built-in Python yang digunakan untuk menampilkan string di konsol.

1. Melalui command-line Python interpreter.

Command-line Python interpreter dapat diakses melalui tombol Start Windows yang ada di sudut kiri bawah dari layar. Untuk membuka interpreter Python, klik tombol Start Windows (1), di daftar program, cari dan klik folder Python 3.11 (2), dan kemudian klik Python 3.11 (64-bit) (3).

Menjalankan kode program Python di Microsoft Windows

Selanjutnya di jendela Python 3.11 (64-bit) yang muncul, setelah simbol prompt >>>, ketik pernyataan Python print("Ayo belajar Python!") (1) dan kemudian tekan tombol keyboard Enter. Teks atau string Ayo belajar Python! langsung ditampilkan di konsol (2).

Menjalankan kode program Python di Microsoft Windows

2. Melalui Windows Command Prompt.

Selain melalui command-line Python interpreter, Anda juga dapat menggunakan interpreter Python melalui Windows Command Prompt. Caranya adalah buka atau jalankan Windows Command Prompt terlebih dahulu, di jendela Command Prompt yang muncul, ketik python (1), dan kemudian tekan tombol keyboard Enter.

Interpreter Python kini aktif di Command Prompt dengan menampilkan simbol prompt >>> dan siap menerima pernyataan Python apapun. Ketik pernyataan Python print("Ayo belajar Python!") (2) dan kemudian tekan tombol keyboard Enter. Teks atau string Ayo belajar Python! langsung ditampilkan di konsol (3).

Menjalankan kode program Python di Microsoft Windows

3. Melalui IDLE.

IDLE adalah IDE (Integrated Development Environment) gratis dan cocok untuk pemula yang sedang belajar bahasa pemrograman Python. Anda tidak perlu mengunduh (download) IDE ini karena sudah dibundel dengan instalasi Python. Untuk membuka IDLE di Windows 10, Klik tombol Start Windows (1), di daftar program, cari dan klik folder Python 3.11 (2), dan kemudian klik IDLE (Python 3.11 64-bit) (3).

Menjalankan kode program Python di Microsoft Windows

Di jendela IDLE Shell 3.11.4 yang muncul, ketik pernyataan Python print("Ayo belajar Python!") (1) dan kemudian tekan tombol keyboard Enter. Teks atau string Ayo belajar Python! langsung ditampilkan di konsol (2).

Menjalankan kode program Python di Microsoft Windows

Mode interaktif versus mode skrip.

Menulis pernyataan Python setelah simbol prompt >>> dan kemudian menekan tombol keyboard Enter adalah cara menjalankan kode program Python dalam mode interaktif (interactive mode). Namun, kode program Python yang Anda tulis tidak disimpan. Cara ini hanya efektif bila Anda ingin menguji pernyataan Python baris per baris.

Agar kode program Python tidak hilang, Anda perlu menulis pernyataan Python dan menyimpannya dalam sebuah file yang disebut dengan file sumber (source file), file skrip (script file), atau modul (module). Untuk menjalankan kode program Python di file skrip, Anda menggunakan nama file skripnya. Cara menjalankan kode program Python melalui file skrip disebut dengan mode skrip (script mode)

Anda dapat menulis kode program Python menggunakan aplikasi text editor apa saja seperti Notepad untuk Microsoft Windows. Sebagai contoh, buka aplikasi Notepad, tulis dua pernyataan Python di bawah ini, dan kemudian simpan di direktori D:\scpython dengan nama Sapaan.py. Di sini .py adalah ekstensi untuk file Python.

print("Ayo belajar Python!")
print("Python sangat menyenangkan.")

1. Menjalankan file skrip di Command Prompt.

Buka Windows Command Prompt seperti langkah di atas. Umumnya, Command Prompt menggunakan drive C sebagai drive aktif. Untuk berpindah ke drive D, ketik D: dan tekan tombol keyboard Enter. Setelah berada di drive D dan ingin menuju ke direktori scpython, ketik cd cspython dan kemudian tekan tombol keyboard Enter.

Setelah berada di direktori D:\scpython, untuk menjalankan file skrip Python, ketik python Sapaan.py (1), kemudian tekan tombol keyboard Enter, dan dua baris string langsung ditampilkan (2).

Menjalankan kode program Python di Microsoft Windows

2. Menjalankan file skrip di IDLE.

Buka IDLE Shell 3.11.4 seperti yang telah dijelaskan pada langkah sebelumnya. Di jendela IDLE Shell 3.11.4 yang terbuka, klik menu File dan kemudian submenu Open. Di kotak dialog Open yang terbuka, navigasi ke direktori D:\scpython, pilih file Sapaan.py, dan kemudian klik tombol Open. File dibuka di jendela baru Sapaan.py.

Untuk menjalankan file skrip Python Sapaan.py, klik menu Run (1) dan kemudian klik submenu Run Module (2).

Menjalankan kode program Python di Microsoft Windows

Jendela Sapaan.py kemudian ditutup dan hasilnya yaitu dua baris string ditampilkan di jendela IDLE Shell 3.11.4.

Menjalankan kode program Python di Microsoft Windows
SILAHKAN BAGIKAN ARTIKEL INI!
Pin It